Komunitas Kendaraan Listrik Indonesia




Rabu, 04 September 2019

First Indonesia Electric Motor Show, Ada Apa Saja?



[4 Sept] Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019 menjadi ajang khusus pameran dan seminar tentang kendaraan listrik pertama kalinya berlangsung di Indonesia dengan mengusung tema "Electric Vehicle for Smart Transportation".

Pagelaran ini resmi dibuka di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (4/9/2019), dan bakal berlangsung di dua lokasi berbeda, yaitu Kartika Expo Balai Kartini Jakarta, pada 4-5 September 2019 dan di Kantor BPPT Serpong pada 7 September 2019.

"Mempunyai misi untuk menggugah kesadaran masyarakat bahwa penggunaan kendaraan yang bersifat ramah lingkungan sudah sepatutnya mendapat tempat di masyarakat. Respon positif dan antusias masyarakat secara luas, saya harapkan dapat tercermin dalam kegiatan ini," jelas Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza saat pembukaan acara.

“Sejak diterbitkannya Perpres No 55 Tahun 2019 BPPT dan beberapa Kementerian menyambut baik tentang sosialisasi mengenai kendaraan listrik,” katanya.

Acara ini didukung oleh Kementerian Koordinator Kemaritiman, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Perindustrian, Kementerian ESDM, dan Kementerian Perhubungan, PLN (Persero,) dan Pertamina (Persero).

"BPPT menggelar acara ini seiring dengan fungsi dan peran BPPT, sebagai lembaga pemerintah untuk melakukan pemantauan, pembinaan, dan pelayanan terhadap kegiatan instansi pemerintah juga swasta di bidang pengkajian dan penerapan teknologi dalam rangka inovasi, difusi Pengembangan kapasitas, serta membina alih teknologi," kata Hammam.

“Kami juga melakukan sosialisasi penggunaan produk dalam negeri sebagai wujud nasionalisme dan kemandirian kita dalam membangun industri nasional dengan TKDN yang tinggi,” sambungnya dalam pembukaan IEMS 2019 (4/9/2019).


Daftar Peserta Pameran

Sejumlah 45 exhibitor IEMS 2019 yang diikuti kementerian, BUMN, industri komponen pendukung, serta para pelaku industri otomotif merek ternama. Seperti Toyota, Mitsubishi, Nissan, Mercedes Benz, Tesla, Wuling, DFSK, Hino, Honda, Yamaha, Gesits, Viar, United Bike, Selis, Amdes, Blue Bird dan Grab.

Peserta akademis datang dari UGM, ITS dan STT-PLN.

Selain itu, pameran ini melibatkan komunitas KendaraanListrik.net yang juga memajang berbagai kendaraan hasil rakitan dari para anggota.

Pameran ini juga menyuguhkan seminar, sharing knowlege, dan pengenalan produk kendaraan listrik secara lebih mendalam.


Ditutup Konvoi Kendaraan Listrik dari Jakarta Menuju Serpong

Beralih dari Balai Kartini Jakarta, gelaran IEMS 2019 pada 7 September 2019 dilanjut dengan konvoi bersama menggunakan berbagai jenis kendaraan listrik dari Kantor BPPT Thamrin Jakarta menuju Kantor BPPT Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Peserta konvoi dengan total 69 unit yang terdiri dari kendaraan listrik yang terdiri dari 18 mobil listrik, 10 motor listrik dan 41 sepeda listrik yang akan diajak untuk menyaksikan teknologi fast charging station, Battery Testing Lab, hingga test drive kendaraan listrik.

Acara ini juga sekaligus menjadi garis finish dari perjalanan Tim Jambore Raily Mobil Listrik ITS Surabaya Jakarta. Jambore tersebut merupakan rally kendaraan listrik melewati Jalur Selatan sejauh 800 km dari Surabaya menuju Jakarta yang dimulai pada 28 Agustus 2019 lalu.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar