Rabu, 24 Juli 2019

Tesla Milik Elon Musk Bangun Pabrik Baterai di Indonesia



[24 Jul] Tesla, salah satu perusahaan milik Elon Musk dikabarkan bakal segera memiliki bisnis di Indonesia.

Kabar ini beredar setelah nama perusahaan ini disebut oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan saat dijumpai di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Nama Tesla disebut sebagai perusahaan yang baru saja melakukan groundbreaking pabrik di Morowali, Sulawei Tengah. Dilaporkan bahwa pabrik milik Tesla ini akan menyediakan fasilitas pembuatan bahan baku baterai lithium.

Langkah ini diambil Tesla dengan pertimbangan karena bahan baku pembuatan baterai lithium berupa nikel dan kobalt juga melimpah di Indonesia. Meskipun sebatas pabrik bahan baku baterai, tetapi tidak menutup kemungkinan ke depannya Tesla juga membangun pabrik otomotif.

Seperti yang diketahui bahwa Tesla merupakan perusahaan otomotif sekaligus energi yang dibangun Musk sebagai industri masa depan termasuk produk mobil listrik Tesla. Di Indonesia Tesla tidak hadir sendiri tapi bersama perusahaan lain dengan membentuk konsorsium.

Luhut menyebutkan bahwa pembangunan pabrik baterai lithium di Morowali ditargetkan rampung dalam tiga tahun. Dia mengharapkan pabrik ini termasuk yang terbesar di dunia.

"Menurut saya harus jadi pabrik terbesar karena ongkos lebih murah, orang-orang aka melihat teknologi yang bagus dan ongkos murah," jelas Luhut kepada Medcom.id.

Masih terkait mobil listrik, Luhut menyatakan bahwa hal ini juga sejalan dengan Peraturan Presiden tentang Mobil Listrik. Pemerintah juga disebut sedang menghitung pasar dari produksi baterai lithium tersebut.

Luhut berharap hasil produksi baterai lithium itu tidak hanya digunakan untuk di dalam negeri, juga untuk diekspor ke luar negeri, memenuhi kebutuhan mobil dan motor listrik serta perangkat lainnya.

Industri energi dari Tesla juga sudah banyak dibicarakan. Di Australia, Tesla memliki pabrik otomotif yang sepenuhnya menggunakan tenaga solar panel buatan Tesla. Tesla juga memiliki produk atap rumah yang berfungsi sekaligus sebagai solar panel.

Tesla termasuk perusahaan yang turun tangan dalam rekonstruksi bencana badai Maria dan gempa yang menimpa Puerto Rico pada tahun 2017. Tesla menyediakan dukungan pembangkit listrik berbasis solar panel di kawasan tersebut.

Bersama dengan itu Tesla juga menyediakan Tesla Powerwall yaitu baterai listrik yang bisa digunakan bersama solar panel di perumahan korban badai Maria di Puerto Rico.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar