Komunitas Kendaraan Listrik Indonesia




Rabu, 31 Juli 2019

Mobil Listrik Nasional Malaysia, Launching Oktober, Diproduksi Massal 2022



[31 Jul] Malaysia sedang menyiapkan proyek mobil nasional ketiga setelah Proton dan Perodua. Negara tetangga tersebut akan menggarap proyek mobil nasional bertenaga listrik.

Diberitakan Bernama, rencana sedang berlangsung untuk mendirikan pabrik kendaraan listrik dengan investasi 5 miliar ringgit (hampir Rp 17 triliun). Menurut Ketua Malaysian Institute of Economic Research (MIER) Tan Sri Dr Kamal Salih, proyek ini akan dikembangkan oleh investor lokal, bermitra dengan Elenvi Otomotif Sdn Bhd.

"MIER telah ditugaskan oleh Elenvi dan investor untuk melakukan studi kelayakan dan rencana bisnis, investasi dan keuangan yang akan disampaikan kepada Perdana Menteri untuk pertimbangannya. Ini adalah investasi sektor swasta dan itu akan menjadi tanggung jawabnya (Tun Dr Mahathir Mohamad, Perdana Menteri Malaysia) untuk memutuskan apakah itu akan menjadi mobil nasional ketiga Malaysia," katanya.

Kata dia, mobil listrik pertama akan diluncurkan pada Oktober oleh Perdana Menteri Mahathir Mohamad. Kendaraan listrik itu dirancang dan diproduksi untuk pasar lokal dan ekspor.

Selain itu, Malaysia juga membuka pihak lain untuk menggarap mobil nasional. Disebutkan sebelumnya, Alam Perkasa Consortium (APC) menjadi salah satu pihak dalam daftar yang terlibat dalam pengembangan mobil nasional ketiga Malaysia selain Elenvi. Kabarnya APC akan membangun sebuah perusahaan bernama Malaysian International Motor Company (Mimco) untuk memproduksi kendaraan listrik yang siap dijual massal apda 2022.

Katanya, mobil listrik nasional Malaysia itu bisa melaju hingga 230 km/jam. Jarak tempuh sekali ngecas bisa mencapai 450 km dengan baterai 95 kWh.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar