Rabu, 24 Juli 2019

Honda Ternyata Punya Motor Listrik Seharga 16 Juta



[24 Jul] Segmen kendaraan listrik perlahan berkembang. Beragam pabrikan mulai menyentuh sektor tersebut, atau bahkan telah memasarkan produknya, seperti Honda.

Ya, di Indonesia PT Astra Honda Motor (AHM) saat ini memiliki Honda PCX Electric. Hanya saja skuter listrik tersebut tak kunjung dijual secara bebas di pasar motor Indonesia.

Hal berbeda justru terjadi di China. Mengutip dari Xcar.com.cn, Honda saat ini memiliki skutik listrik dengan harga terjangkau bernama Honda V-GO yang dibanderol CNY7.988 atau setara Rp16,2 jutaan (Kurs CNY1 = Rp2.034).

Diciptakan untuk kendaraan harian, Honda V-GO memiliki dimensi yang tak terlalu besar dengan panjang 1.671 mm, lebar 665 mm, dan tinggi 1.038 mm, serta ground clearance 132 mm.


Dengan Desain Yang Futuristik

Dengan dimensi yang cenderung kecil, Honda V-GO hanya dapat mengangkut 1 penumpang. Meski demikian, joknya cukup panjang dan lebar sehingga nyaman saat digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Di bawah jok juga terdapat bagasi yang cukup luas. Konsol depannya memiliki laci penyimpanan kecil, USB power-scoket, dan sistem smart-key atau keyless. Di tengahnya ada soket untuk pengisian daya baterai.

Honda V-GO juga kental dengan nuansa futuristik. Skuter listrik ini berbentuk boxy atau mengotak dan sektor depannya dibekali V-shape LED DRL yang dipadu LED headlight.

Lampu belakangnya juga memiliki bentuk V-shape dan tentu telah menggunakan LED, begitu juga dengan lampu sein di sampingnya.


Bagaimana Performanya?

Velg belakangnya terhubung langsung ke motor listrik. Mengandalkan ban berukuran 70/90-10, roda ini dikawal rem tromol. Sedangkan roda depannya berukuran 70/90-12 dan dibekali rem cakram.

Menggunakan baterai berkapasitas 20Ah 48V, Honda V-GO dapat menempuh jarak maksimal 60 km dengan kecepatan konstan 20 km/jam, tak terlalu jauh untuk sebuah skuter listrik, namun cukup bagi mobilitas harian.

Menariknya, baterai ini terletak di bawah floorboard atau dek kaki. Namun, Honda mengatakan bahwa Honda V-GO aman digunakan saat melibas banjir dengan ketinggian sewajarnya.

Ada 2 mode berkendara pada Honda V-GO. Logonya unik, bergambar kelinci untuk kecepatan maksimal 55 km/jam dan kura-kura dengan speed-limit 40 km/jam.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar