Jumat, 27 April 2018

Jalan Di Swedia Dilengkapi Auto Charging Untuk Kendaraan Listrik

[27 Apr] Teknologi canggih terbaru diperkenalkan di Swedia: jalanan yang bisa mengisi daya mobil listrik. Proyek ini bertujuan agar Swedia tidak lagi memakai kendaraan berbahan bakar minyak.

Jalan pertama di dunia, yang bisa mengisi daya kendaraan bertenaga listrik ketika berjalan di atasnya, diresmikan di Swedia awal bulan ini. Jalanan ini berada di luar kota Stockholm dan memiliki panjang hampir 2 kilometer.

Proyek yang didanai negara bernama eRoadArlanda yang menelan dana sekitar 50 juta crown (US$5,82 juta). Pengujian teknologi dilakukan dengan menggunakan truk listrik modifikasi yang menggerakkan kargo dari bandara Arlanda Stockholm ke pusat logistik terdekat Postnord. Proyek ini bertujuan agar negara ini bisa memiliki sistem transportasi yang bebas dari bahan bakar minyak di tahun 2030.


Cara Kerja

Dilansir dari Wonderful Engineering, listrik pada proyek ini diperoleh dari dua trek paralel di jalan yang diumpankan ke kendaraan melalui lengan yang terpasang.

Lengan kemudian ditarik dan dihubungkan ke sensor yang memberitahu Anda untuk memperpanjang lengan ketika berada pada jalur yang terdeteksi keberadaan rel.

Ketika mobil perlu melaju lebih cepat, maka lengan akan langsung terlipat dan mobil bergerak dengan menggunakan daya baterai yang telah terisi.

Gagasan menghadirkan listrik di jalan mungkin terdengar sedikit berbahaya. Namun sebenarnya teknologi ini diklaim aman baik untuk manusia maupun hewan. Sebab, lintasan pengisian ditanam di permukaan jalan, sementara konduktor terkubur jauh di bawahnya.

Meskipun hujan atau salju turun, hal tersebut dipastikan tetap berfungsi dan tidak akan menimbulkan persoalan. Pasalnya, sistem drainase juga dipasang tepat di sepanjang perlintasan.

Demikian halnya dengan lengan penghubung yang dirancang sedemikian rupa agar dapat mendorong air, kerikil, dan batu keluar dari jalan.

Jalur rel pengisian pun diyakini tidak akan menimbulkan masalah bagi pengendara sepeda. Sebab, sebelum diaplikasikan, sistem ini telah diuji selama beberapa tahun di jalur pribadi sebelum diterapkan di jalan umum.


Didukung penuh oleh Uni Eropa

"Salah satu isu paling penting sekarang ini adalah bagaimana menciptakan transportasi darat yang bebas dari bahan bakar minyak. Dan kami punya solusi untuk membuat ini menjadi kenyataan. Swedia berada di barisan terdepan dalam teknologi ini dan kami berharap untuk bisa memperkenalkan teknologi ini ke seluruh negeri dan dunia", kata Hans Sll, pemimpin konsorsium eRoadArlanda.

Direktur Jenderal Badan Transportasi Swedia, Lena Erixon, mengatakan "Penting sekali untuk melakukan terobosan dalam hal yang terkait dengan transportasi darat yang ramah lingkungan. Oleh karena itu, kami mendukung proyek-proyek inovasi yang memberikan kontribusi jangka panjang dan berkelanjutan", seperti dilansir situs web resmi eRoadArlanda.

Komisioner Transportasi Uni Eropa, Violeta Bulc, mengatakan bahwa tersedia pendanaan dari Uni Eropa untuk proyek semacam ini. Hal ini tentu mendorong pemerintah Swedia dan konsorsium eRoadArlanda untuk memanfaatkan kesempatan ini dan membuat lebih banyak jalanan yang bisa mengisi daya kendaraan bertenaga listrik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar