Komunitas Kendaraan Listrik Indonesia




Senin, 03 Desember 2007

Frequently Asked Questions

Daftar Pertanyaan Yang Paling Sering



  • Q: Di Indonesia dah boleh turun ke jalan belum, Min?

    A: Sudah kog. Dulu memang anggota komunitas banyak yg dicegat, tapi sekarang semua polisi sudah paham dan aman kog turun ke jalan. Juga Presiden Jokowi sudah resmi tandatangan perpres tentang ini (baca di sini).
  • Q: Ini kendaraan baru ya, Om?

    A: Gak juga, di Indonesia dah sejak tahun 2007 tuh. Yok tengok di mari.
  • Q: Bisa dipakai hujan-hujanan gak nih, Sob?

    A: Bisa, asal pengemudinya gak sakit saja. Kendaraan listrik itu sudah dirakit pakai karet seal demi mencegah air masuk.
  • Q: Sparepartnya gimana, Man? Sama gak dengan kendaraan biasa?

    A: Intinya kendaraan listrik lebih sedikit kandungan sparepartnya, sebagian besar sama dengan motor biasa. Tukar pengalaman bareng temen-temen di komunitas aja gimana?
  • Q: Bro, memang bisa lari berapa nih?

    A: Tergantung spesifikasi, nanti bisa ditanyakan kepada penjual. Tapi kendaraan listrik sdh bisa ngacir di atas 200km/jam. Bahkan sejak 2014 FIA selaku penyelenggara Formula 1 juga sudah rutin mengadakan lomba Formula E, khusus mobil listrik. Harus dipisah karena mobil listrik memiliki kecepatannya jauh dibandingkan mobil balap biasa. Atau sebagai gambaran lebih sederhana, cepat mana kereta api biasa dengan kereta listrik? Btw memang mau kemana sih, Boss? Macet gini ngebut-ngebut mulu :)
  • Q: Biasa isi di SPBU, kalau ini di mana Gan?

    A: Bisa di SPBU juga kog, bilang saja ikut charge. Sebetulnya semua rumah yg ditemui bisa jadi SPBU kita kan? Atau... bagaimana kalau sekarang buka google map lalu ketik SPLU? :D.
  • Q: Kan ini pulosi dari sisi PLTU juga, Boss?

    A: Bedaaaa Boss... Susah mana atur sekian banyak orang di kota dengan jumlah kepala yang di PLTU? Lagipula PLTU itu tidak berpindah2 seperti kendaraan. Jadi polusi di sana lebih manage-able. Belum lagi Pembangkit listrik di Indonesia itu tidak melulu PLTU. Contoh beberapa ya, sudah berapa tahun tuh umurnya PLTA Saguling dan PLTGeo Dieng?
  • Q: Mas, ini kog seperti kendaraan hantu ga ada suaranya?

    A: Itu kelebihannya. Jadi tidak ada kebocoran energi berupa suara. Tapi kalau mau dibuat bersuara pun gampang. Mau cara mahal atau murah? Cara murah, bawa speaker bluetooth. Lebih murah lagi? Bawa kaleng berisi kelereng. Cara mahal? Banyaaaak... hahaha
  • Q: Dude, ini sih paling cuma kayak mainan toh? Dipakai sebatas di area komplek?

    A: Kalau sekitar komplek doang masak iya perusahaan taxi dan ojol berlomba-lomba lengkapi armada dengan kendaraan listrik? Masih belum percaya? Gabung deh dgn komunitas. Jangan kaget kalau nanti tahu ada salah satu anggota komunitas yang luar biasa. Beliau lebih dari setahun sudah ngojol pakai sepeda motor listrik dan.... ratingnya 5 stars! :)


  • Perlu teman ngobrol tentang ini? Silahkan klik komunitas di menu di atas. Lalu pilih bentuk yang paling cocok & jangan sungkan bertanya. 

    Admin


    Anda pun dapat berkontribusi sempurnakan atau kirim "paduan & diy" seperti ini lewat Contact Form di halaman ini. Mari sama-sama edukasi masyarakat dan wujudkan cita-cita agar kita dapat menjadi sebuah Bangsa Mandiri Energi!