Tentang Komunitas Kendaraan Listrik

SIAPA KAMI 

gathering komunitas kendaraan listrik indonesia
KendaraanListrik.net adalah komunitas pengguna kendaraan listrik Indonesia sejak tahun 2007.

Kami adalah gerakan non-profit. Ribuan anggota komunitas kami menjadi saksi bagaimana selama lebih dari 8 tahun kami tidak pernah menarik dana 1 sen pun. Juga mereka menyaksikan bagaimana kami juga tidak pernah membuka diri terhadap dukungan sponsor mana pun.

Dengan demikian kami dapat tetap pada visi & misi awal. Tidak mungkin tersandera, disetir, atau dimanipulasi oleh kepentingan satu kelompok serta negara mana pun.  Seperti yang sering terjadi pada beberapa Organisasi Non Profit lainnya, baik secara terselubung mau pun langsung.

Keterbatasan di atas sama sekali tidak menyurutkan kami untuk berbuat sesuatu bagi kehidupan yang lebih baik bagi kita semua. Terutama membantu masyarakat merakit kendaraan listrik secara teknis dengan cuma-cuma. Mari bersama-sama gapai slogan yang sudah kita degungkan sejak lama, yaitu berjuang menuju sebuah Bangsa Mandiri Energi!

VISI 

Perjuangkan dan meningkatkan kemakmuran bangsa menuju ekonomi yang lebih efisien! Terutama bebaskan perekonomian dari belenggu fluktuasi harga bahan bakar fosil.

Karena Indonesia adalah SATU-SATUnya negara yang PALING sanggup hidup TANPA MINYAK! Kalau sampai Indonesia saja tidak bisa, tidak ada satu negara pun di dunia yang bisa. Maka menyandera rakyat dengan fluktuasi harga minyak adalah sesuatu yang terlalu menyedihkan!

Perlu pemaparan tuntas tentang ini? Silahkan kontak dan undang kami.

MISI 

Mensosialisasikan alternatif kendaraan tenaga non-fosil hingga ke seluruh pelosok terpencil. Dan ini kami buktikan dengan sosialisasi ke berbagai daerah, juga adakan kopdar/gathering di banyak kota tiap tahunnya. Berikut daftarnya: acara.kendaraanlistrik.net

KUNCI GERAKAN INI 

Belajar dari kegagalan di banyak negara (termasuk negara maju), perlu ditekankan bahwa sebetulnya "bola panas" bukan pada pemerintah tapi di tangan masyakarat. Terbukti inisiasi dari pihak pemerintah di beberapa negara maju pun gagal! Oleh karena itu yang pegang peran utama di sini adalah masyarakat. Peningkatan wawasan mereka adalah yang terpenting, bukan yang lain!

Karena bagaimana mungkin negara lepas dari ketergantungan bahan bakar fosil serta capai mandiri energi, jika masyarakat di kota -bahkan kalangan terpelajar- masih banyak yang belum mengetahui atau masih antipati dengan solusi alternatif ini?

Fakta! Tanpa bantuan infrastuktur dari pemerintah pun Anda dapat menemukan para anggota di komunitas yang gunakan kendaraan ini untuk aktivitas sehari-hari, sejak 2007 hingga sekarang. Akan sangat terlambat ketika pemerintah sudah dukung tapi kemudian tidak diikuti peningkatan wawasan masyarakat. Juga hanya membuang waktu dan anggaran, jika tidak mau belajar dari kegagalan di negara lain. Kemudian kita pun kembali tertinggal & lagi-lagi menjadi follower.

kopdar komunitas kendaraan listrik indonesiaGerakan ini lebih merupakan upaya merubah pola pikir berumur ratusan tahun, menuju kebiasaan yang lebih modern.

Salah satunya adalah mengubah konsep kuno bahwa kemana pun pergi kita dipaksa gotong sebuah pembangkit listrik mini ke sana ke mari. Seakan tidak ada pilihan lain. Bukankah membawa beban yang tidak perlu merupakan pemborosan energi? Juga bagaimana mungkin kita memilih logika bahwa produksi skala kecil lebih baik? Ketika opsi produksi skala massal dari sisi PLN jelas jauh lebih efisien? Pembodohan yang dilakukan oleh satu kelompok ini sudah terlalu lama kita biarkan. Dengan leluasa mereka terus menikmati keuntungan di atas penderitaan terlalu banyak manusia. Menyedihkan jika hal ini terus dibiarkan tanpa ada perlawanan yang berarti dari sisi pihak yang dirugikan.

Kini saatnya kita singkirkan jutaan genset bensin ini dari jalanan. Kendaraan yang lebih ringan otomatis membuat belanja energi kita menjadi lebih hemat. Juga anggaran perbaikan jalan akibat beban berlebih  dapat ditekan. Bahkan dapat dialihkan ke sektor lain yang lebih memerlukan.

Sosialisasi ini tentu akan memakan waktu yang tidak pendek. Ini harus dilakukan sedini mungkin. Ini menjadi tantangan yang membuat kami tidak lelah terus perjuangkan sosialisasi kendaraan alternatif ini seluas-luasnya selama bertahun-tahun. Hingga kelak tercapai sebuah bangsa dengan roda ekonomi  yang lebih efisien, tidak lagi tersandera oleh gejolak harga bahan bakar fosil.

Anda pun dapat ambil bagian realisasikan cita-cita mulia ini dengan satu langkah mudah, yaitu ikut tukar banner kendaraanlistrik.net atau bantu sebarkan kepada relasi dan kenalan anda, sebanyak mungkin. Sudahkah Anda berbagian? Mari sama-sama wujudkan sebuah Bangsa Mandiri Energi!

TONGGAK SEJARAH 

  • 31 Juli 2007, komunitas Kendaraan Listrik Indonesia pertama mengudara dengan identitas motorlistrik@yahoogroups.com! Meski masih terbilang muda hingga kini telah bergabung puluhan member dari berbagai wilayah Indonesia. Komunitas ini mendapat materi dari para vendor sepeda motor listrik yang sekarang ada di Indonesia. Bahkan kini para vendor juga telah bergabung dalam komunitas ini. Satu kebanggaan kita adalah komunitas di Indonesia lahir lebih cepat daripada komunitas sejenis di negara-negara tetangga.
  • 22 Agustus 2007, komunitas mendapat bantuan dari Bpk. Iqbal Raliby, Bpk. Christian Partogi & Bpk. Oki Rosgani sebagai moderators
    temu anggota komunitas kendaraan listrik indonesia
  • 23 Agustus 2007, meresponi usulan dari Pak Wah yu, dibuat Wikipedia sepeda motor listrik di sini.
  • 26 Agustus 2007, kembali mendapat usulan dari Pak Wah yu, web dibuat dan mengudara.
  • 20 September 2007, Pak Christian Partogi sampaikan undangan dari Detik.com agar komunitas juga membuka wadah komunikasi di sana.
  • 7 December 2007, komunitas mendapat animo yang cukup tinggi. Hari itu genap bergabung 100 anggota.
  • 16 Januari 2008, logo Komunitas pertama ditayangkan. Dengan harapan logo sederhana ini mudah diingat dan bantu sosialisasi kendaraan listrik kepada seluruh masyarakat Indonesia.
  • 12 Juli 2008, liputan oleh Tabloit MotorPlus (download
  • 19 Juli 2008, liputan oleh Koran Tempo
  • 20 Juli 2008, bantuan tenaga moderator bertambah dua, yaitu Pak Teguh P. Santoso dan Pak Agustinus Setijanto.
  • 21 Juli  2008, jumlah anggota genap menjadi 300 orang dan terus bertambah hingga sekarang.
  • 27 juli 2008, diadakan gathering pertama komunitas bertepatan dengan CFD (Car Free Day) dikoordinasi oleh Pak Teguh P. Santoso & Pak Iqbal Raliby.  
  • 9 Mei 2010, liputan oleh Trans7 TV
  • 7 Agustus 2014, BBM Channel mulai kami operasikan, dengan harapan dapat membantu jangkau lebih banyak lapisan masyarakat. 
  • 27 Agustus 2014, komunitas menyatakan perang terhadap para penjual kendaraan listrik fiktif dengan mulai mendaftar bukti & saksi penipuan di penipu.kendaraanlistrik.net
  • 25 Oktober 2014, liputan oleh NET. TV Jakarta
  • 6 Mei 2016, komunitas mendapat bantuan tenaga moderator tambahan, Pak Ongko Ujianto.
* Simak di sini langkah untuk mengunduh semua arsip dengan lebih mudah.

Kontak Kami

Media yang sudah peduli, mendukung & meliput kami 
dalam gerakan menuju Bangsa Mandiri Energi:

liputan KendaraanListrik.net oleh motor plus http://koran.tempo.co/ liputan KendaraanListrik.net oleh trans 7  liputan KendaraanListrik.net oleh PasFM   liputan KendaraanListrik.net oleh green radio fm liputan KendaraanListrik.net oleh Deutsche Welle liputan kendaraanlistrik.net oleh Metro TV liputan kendaraanlistrik.net oleh pikiran rakyat/ liputan KendaraanListrik.net oleh NET. TV




English French German Spain Italian Dutch




 
-->