Home » , » Rencana Mobil Listrik Mazda

Rencana Mobil Listrik Mazda

[18 Nov] Mobil asal Jepang, Mazda, mulai membocorkan informasi mengenai mengenai model mobil listriknya (electric vehicle/EV). Kabar mengejutkan ini disampaikan langsung oleh Kiyoshi Fujiwara, Director and Senior Executive Officer Mazda yang bertanggung jawab untuk penelitian dan pengembangan (R&D).

Mengutip media Australia Motoring.com.au, yang berbincang langsung dengan Fujiwara, saat berjumpa di Los Angeles Auto Show, Kamis (17/11/2016). Lebih dari itu, Mazda juga akan menelurkan versi tambahan dengan bermesin rotary engine.

"Kami mencanangkannya (menjual mobil listrik) pada 2019 untuk mengakomodasi peraturan ZEV (zero emission vehicle) di Amerika Utara," ujar CEO Mazda Motor Corp, Masamichi Kogai, dikutip dari Wall Street Journal, Kamis (17/11/2016). Adapun aturan yang dimaksud merujuk pada regulasi di California dan beberapa tempat lain tentang peningkatan penjualan mobil listrik.

"Pada tahun 2020 pasti masih ada sekitar 90 persen sampai 95 persen mobil, yang masih menggunakan mesin pembakaran internal di seluruh dunia, tapi kami tentu akan perlu EV. Jadi tahun 2019, kami akan memperkenalkan EV di mana itu diperlukan," ujar Fujiwara. Mobil listrik menurutnya jadi solusi atas regulasi emisi yang semakin ketat. 

Fujiwara juga mereferensikan peraturan di beberapa pasar seperti California, di mana EV akan menjadi "tiket masuk' untuk merek-merek mobil. Dirinya juga menyebutkan Norwegia dan China.

Terkait dengan model apa yang akan mengadopsi teknologi listrik, Fujiwara masih merahasiakannya. " Saat ini model adalah rahasia besar. Namun, pengembangan model produksi sudah baru saja dimulai," ucap Fujiwara.


Kerjasama

Kepala R&D  Mazda tersebut menyampaikan, kerjasamanya dengan Toyota tidak mengemudikan proyek ini, ataupun terkait spesifikasi teknis.

"Kami sedang mengembangkan sebuah sistem Mazda oleh diri kita sendiri. Namun, dalam hal komersialisasi, beberapa bagian harus dibagi bersama . Itu adalah titik diskusi kami (antara mitra)," ujar Fujiwara.

 sumber kompasliputan6
Share this article :

0 comments :

Post a Comment



English French German Spain Italian Dutch




 
-->