Home » , , , » PLTS Jakabering Jadi Proyek Percontohan

PLTS Jakabering Jadi Proyek Percontohan

[31 Jul] Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang akan dibangun Sharp Corporation di Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang, bakal menjadi percontohan menggunaan energi matahari pada kawasan seluas 325 hektare (ha).

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan, karena itu kapasitas pembangkit hanya 1,6 megawatt (mw) dengan investasi tidak terlalu besar.

"Tujuannya membuat proyek percontohan bagaimana sebuah kawasan yang luas tidak menggunakan energi fossil tapi energi surya," kata Alex dikutip dari Antara, Minggu (31/7/2016).

Proyek ini merupakan program bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup Jepang bagi Sumsel dan Sharp dipilih karena perusahaan tersebut merupakan pembuat solar cell terbaik dari Jepang.

Ia menjelaskan bahwa PLTS ini ditargetkan dapat beroperasi pada enam bulan sebelum Asian Games 2018 dengan dibangun di areal seluas 1,6x2 hektare (ha) di dekat arena Stadion Lapangan Tembak.

PLTS ini akan berkapasitas terpasang 2 megawatt (mw) dan membutuhkan biaya sebesar USD 3 juta dari Sharp, investor dari Jepang sebagai pihak ketiga.

"Selain menyediakan tenaga listrik, Sumsel juga menyiapkan infrastruktur transfortasi, rumah sakit, hotel, dan lainnnya untuk menjalankan tugas sebagai tuan rumah Asian Games ke-18 tahun 2018," kata Alex.

Ia menerangkan, saat ini di Kota Palembang sedang dibangun jalur kereta api dalam kota pertama di Indonesia (Light Rail Transit) yang menghubungkan Badara Sultan Mahmud Badaruddin II ke Kompleks Olahraga Jakabaring.

Pekerjaan sudah dimulai sejak akhir 2015 dan kemajuannya bisa melebihi target yang ditetapkan.

"Selain itu, saat ini juga dibangun dua jembatan layang, dan Jembatan Musi IV dan Musi IV," kata Alex.

sumber: metrotvnews
Share this article :

0 comments :

Post a Comment



English French German Spain Italian Dutch




 
-->