Home » , , , » Pemerintah Ajak Diskusi Pengembangan Mobil Listrik

Pemerintah Ajak Diskusi Pengembangan Mobil Listrik

[10 Mar] Pemerintah mengajak para akademisi bertemu di Gedung Ali Wardana, Kemenko Perekonomian, Jakarta untuk membahas Peta Jalan Riset dan Pengembangan Kendaraan Listrik.

Acara ini difasilitasi oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, Kementerian Keuangan. Acara berlangsung dari pukul 15.00-17.00 WIB.

Usai pertemuan, Staf Ahli Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Agus Puji Prasetyono menjelaskan pertemuan kali ini ingin mendorong agar mobil listrik yang dihasilkan bisa beroritasi pasar.

"Kemenristek Dikti dinilai perlu support dan dorongan agar mobil listrik diwujudkan, kemudian muncul kemandirian dan lahir mobil listrik yang bukan ecek-ecek atau tergantung sama negara lain," kata Agus kepada detikFinance di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (10/3/2016).

Selain itu, Agus menjelaskan munculnya gagasan menghidupkan kembali proyek mobil listrik nasional pasca berhenti sejenak setelah pergantian pemerintahan.

Alasannya, energi fosil makin lama makin terbatas sehingga harus ada solusi energi, salah satunya pemanfaatan energi listrik untuk mobil. Di lain pihak, dunia mendesak untuk pengembangan kendaraan yang memakai energi ramah lingkungan.

"Isunya sekarang minyak terbatas di alam, bahan bakar akan habis bila terus digali sehingga harus ada potensi energi alternatif yang dikembangkan di antaranya mobil bahan bakar listrik," tambahnya.

Hadir pada pertemuan, perwakilan akademisi dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Surabaya (ITS) serta perwakilan Kementerian Perindustrian

sumber detik
Share this article :

0 comments :

Post a Comment



English French German Spain Italian Dutch




 
-->