Home » , , , » Investor Australia Bangun PLTS & Wisata Palembang

Investor Australia Bangun PLTS & Wisata Palembang

[25  Feb] Dua perusahaan asing sekaligus bakal membantu percepatan pembangunan pada sektor pariwisata dan energi listrik di kawasan Agropolitan Pulokerto.

Investor dari Australia telah memastikan akan berinvestasi untuk segera mengembangkan kawasan ini dengan nilai investasi sebesar Rp4,5 triliun. Russel Pervical dari Brisbane Capital Invesment (BCI) mengatakan, kawasan ini nantinya akan dijadikan resor dengan menonjolkan salah satu sisi Sungai Musi.

“Peluangnya sangat bagus, sehingga kami tertarik. Pembangunan kalau bisa dilakukan di tahun ini juga, apalagi Palembang akan menjadi tuan rumah Asian Games tahun 2018. Jelas sangat membantu Palembang menarik wisatawan,” ungkapnya saat penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan investor Australia serta Italia di rumah dinas.

Untuk mendukung pengembangan kawasan Pulokerto itu pula, investor asal Italia juga sudah memastikan investasi dengan nilai Rp2,8 triliun. Investasi Italia ini dalam bentuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan total daya listrik 100 megawatt.

Tahap awal, akan dibangun dulu satu pembangkit di kawasan Gandus dengan daya sekitar 10 megawatt. “Nantinya akan ada sinergi antara investasi kami dan dari Australia. Listrik yang dihasilkan dari solar plantini dapat mengaliri kawasan wisata di Pulokerto,” tambah Giacomo Ortolano selaku Managing Director Clarion GED Monaco.

Menurutnya, menjadi impian pihaknya menjadikan Palembang sebagai Green City di Indonesia. Bahkan, investasi PLTS yang dilakukan pihaknya ini merupakan yang pertama di Indonesia setelah sebelumnya telah dilakukan di 10 negara lainnya.

“Kalau Bali sudah menjadi Green Province, maka Palembang akan kita jadikan Green City,” jelasnya.

Investasi dengan nilai yang cukup fantastis ini jelas memberikan keuntungan tersendiri bagi Kota Palembang. Wali Kota Palembang Harnojoyo mengakui kota yang dipimpinnya ini tidak akan bisa maju pesat jika hanya mengandalkan anggaran daerah maupun pemerintah pusat. Investasi dari negara maju juga sangat besar dukungannya bagi kemajuan Palembang, terkhusus di bidang infrastruktur dan sumber energi cadangan.

Pembangunan fisik kedua investasi ini akan segera dilakukan setelah penan datanganan antara kedua belah pihak. “Investasi ini juga sangat jelas menyokong kemajuan ekonomi kerakyatan di Palembang. Akan banyak sektor yang terbantu dan mampu menyerap tenaga kerja lebih banyak lagi,” ucapnya.

sumber: okezone
Share this article :

0 comments :

Post a Comment



English French German Spain Italian Dutch




 
-->