Home » , , , » Norwegia Hadirkan Listrik Di Sumba

Norwegia Hadirkan Listrik Di Sumba

[14 Apr] Pemerintah Norwegia berharap Indonesia dapat meniru pengembangan pembangkit listrik dengan energi terbarukan di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur untuk menjamin pasokan listrik di wilayah terpencil.

Erna Solberg, Perdana Menteri Norwegia, mengatakan pihaknya telah menjanjikan akan ada perusahaan asal negaranya yang akan menyediakan listrik kepada seluruh masyarakat di Pulau Sumba. Listrik tersebut akan dipasok dari pembangkit yang menggunakan energi terbarukan.

“Kami menjanjikan akan ada perusahaan yang menyediakan listrik bagi seluruh masyarakat Pulau Sumba yang 100% menggunakan energi terbarukan. Kami berharap dapat menjadi contoh untuk daerah terpencil lainnya,” katanya di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (14/4).

Pemerintah Norwegia memang ikut terlibat langsung dalam pengembangan Sumba Iconic Island, yang merupakan program untuk menjadikan Pulau Sumba sebagai lambang penggunaan energi terbarukan.

Program tersebut mencoba memenuhi kebutuhan listrik masyarakat setempat dari pembangkit listrik yang menggunakan energi terbarukan. Di pulau tersebut dibangun pembangkit listrik tenaga mikro hidro, pembangkit listrik tenaga surya, pembangkit listrik tenaga angin, biomassa, dan solar water pumping.

Erna menuturkan Indonesia dan Norwegia memang telah lama menjalin kerja sama di sektor energi. Bahkan dirinya telah membahas dalam waktu dekat akan ada perusahaan asal negara Norwegia yang melakukan investasi di Indonesia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama sektor energi dengan Norwegia. Pasalnya, negara tersebut memiliki kompetensi dalam memanfaatkan energi terbarukan sebagai sumber energi pembangkit listrik.

sumber: bisnis
Share this article :

0 comments :

Post a Comment



English French German Spain Italian Dutch




 
-->