Home » , , , , » Total Bangun PLTS Terbesar di Indonesia

Total Bangun PLTS Terbesar di Indonesia

[2 Mar] Total E&P Indonesie menggandeng Akuo Energy Indonesia membangun tiga pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) berkapasitas 7 megawatt peak (MWp) di Kalimantan Timur. Proyek ini merupakan yang terbesar di Indonesia.

Menurut President & General Manager Total E&P Indonesie Hardy Pramono, kerja sama dengan Akuo Energy telah dirintis sejak 2013, ketika pihaknya mengerjakan percontohan energi surya skala kecil di kantor Total di Balikpapan, Kalimantan Timur. Kerja sama tersebut dilanjutkan hingga akhirnya Total meneken kontrak pengerjaan desain rinci (front end engineering design/FEED) dengan Akuo Energy.

“Kontrak dengan Akuo Energy merupakan batu penjuru penting dalam strategi TEPI untuk mengembangkan sejumlah proyek energi terbarukan di Indonesia,” kata dia dalam siaran resminya, akhir pekan lalu.

Tiga proyek PLTS tersebut nantinya akan dibangun di wilayah operasi Total di Kalimantan Timur, yakni di Senipah, Balikpapan, dan Handil. Proyek PLTS Senipah rencananya akan dibangun di terminal Senipah dengan kapasitas 4 MWp dan akan menjadi proyek terjadwal terbesar di Indonesia saat ini. Bersama dengan generator listrik yang sudah ada, setrum dari PLTS akan digunakan untuk mengoperasikan fasilitas pengolahan migas di Senipah.

Selanjutnya, Proyek Balikpapan akan berlokasi di perkantoran Total dengan kapasitas 2 MWp. Panel surya nantinya akan dipasang pada atap sejumlah gedung di area perkantoran. Bersamaan dengan proyek ini, Total juga akan membangun tiga area parkir dengan panel surya sebagai atapnya.

Untuk di Handil, PLTS akan berkapasitas 0,8 MWp di mana panel surya akan digelar di atap empat bangunan di Handil Base. Pembangkit ini nantinya bisa menutup 14,5% dari total konsumsi listrik di Handil Base ini.

“Ketika nanti sudah beroperasi, ketiga proyek ini akan mampu mengurangi emisi karbon sebesar 2.220 ton per tahun,” ujar Hardy. Hal itu sesuai dengan target Pemerintah Indonesia untuk mencapai porsi energi terbarukan sebesar 23% pada bauran energi pada 2015.

Chairman and co-founder Akuo Energy Eric Scotto mengaku bangga bisa bekerja dengan Total untuk menggarap proyek PLTS ini. Pihaknya juga bangga bisa membantu Pemerintah Indonesia untuk mencapai target pengurangan penggunaan energi fosil dalam bauran energi nasional.

“Dengan 17.500 pulau dan lebih dari 250 juta penduduk, di mana 20 juta di antaranya belum memiliki akses ke listrik, Indonesia berada di garis khatulistiwa dan merupakan negara yang punya potensi besar dalam hal energi terbarukan, khususnya tenaga surya. Indonesia berada dalam strategi internasional kami,” tutur dia.

sumber beritasatu
Share this article :

0 comments :

Post a Comment



English French German Spain Italian Dutch




 
-->