Home » , , » Jendela Dan Kaca Ponsel Menjadi Sumber Energi

Jendela Dan Kaca Ponsel Menjadi Sumber Energi

[17 Mar] Para peneliti di Michigan State University telah menciptakan sebuah konsentrator surya yang sepenuhnya transparan, sehingga bisa mengubah setiap jendela (di kendaraan dan bangunan) atau lembaran kaca (seperti layar smartphone Anda) menjadi sel surya fotovoltaik. Tidak seperti sel surya "transparan" yang dilaporkan di masa lalu, yang satu ini benar-benar transparan, seperti yang Anda lihat dalam foto di samping ini. Menurut Richard Lunt, yang memimpin penelitian, mereka yakin bahwa panel surya transparan dapat secara efisien digunakan dalam berbagai aplikasi, mulai dari gedung-gedung tinggi berkaca banyak hingga jenis perangkat mobile yang menuntut kualitas estetika tinggi seperti telepon atau buku elektronik.

Secara ilmiah, sebuah panel surya transparan adalah oxymoron yang merupakan jenis fotovoltaik, di mana energi diproduksi dengan cara menyerap foton (sinar matahari) dan mengubahnya menjadi elektron (listrik). Definisi dari transparan berarti bahwa semua cahaya menembus medium hingga mencapai bagian belakang mata Anda. Inilah sebabnya mengapa sel surya "transparan" terdahulu sebenarnya hanya transparan sebagian, yang mana selain dapat mencederai mata Anda, juga menciptakan bayangan warna-warni.

TLSC, colorful background

Untuk menyiasati keterbatasan ini, para peneliti Michigan State menggunakan teknik yang sedikit berbeda dalam mengumpulkan sinar matahari. Alih-alih mencoba untuk membuat sel fotovoltaik transparan (yang hampir tidak mungkin), mereka menggunakan transparent luminescent solar concentrator (TLSC). TLSC terdiri dari garam organik yang menyerap panjang gelombang ultraviolet yang tidak terlihat dan cahaya inframerah, kemudian mereka pancarkan sebagai cahaya inframerah jenis lain yang juga tidak terlihat.

TLSC, organic molecules, emission graph
Cahaya inframerah yang dipancarkan ini kemudian diarahkan ke tepi plastik, di mana strip tipis sel surya fotovoltaik konvensional mengubahnya menjadi listrik. [Dokumen penelitian: DOI 10,1002 / adom.201400103 - "Near-Infrared Harvesting Transparent Luminescent Solar Concentrators"]

Jika Anda melihat dari dekat, dapat terlihat beberapa strip hitam sepanjang tepi blok plastik. Tapi bahan aktif organik, yang merupakan sebagian besar panel surya, tetap transparan.

Michigan TLSC saat ini memiliki efisiensi sekitar 1%, tetapi dapat ditingkatkan menjadi 5%. Luminescent konsentrator jenis non-transparan (yang menghasilkan cahaya warna-warni) memiliki kemampuan sekitar 7%. Dalam ukuran kecil memang tidak signifikan. Tetapi pada skala yang lebih besar, seperti jika diterapkan pada setiap jendela di rumah atau perkantoran maka dampaknya akan meningkat. Demikian juga, meski kita tidak mungkin membuat ponsel atau tablet tidak pernah kehabisan energi, tapi dengan mengganti layar perangkat Anda dengan TLSC dapat menambah waktu pemakaian untuk setiap satu kali pengisian.

Para peneliti yakin bahwa teknologi ini dapat ditingkatkan dalam skala lebih besar secara industri maupun komersial. Hingga akhirnya diaplikasikan pada perangkat konsumen, dan membuat biayanya menjadi semakin terjangkau. Hambatan terbesar pengaplikasian tenaga surya dalam skala besar adalah karena wujudnya cukup mengganggu dan tidak indah. Jika kita bisa menghasilkan sejumlah besar tenaga surya dari lembar kaca dan plastik yang terlihat seperti lembaran normal kaca dan plastik, maka aplikasi panel surya dapat dilakukan dengan lebih masif.

diterjemahkan dari extremetech
Share this article :

0 comments :

Post a Comment



English French German Spain Italian Dutch




 
-->