Home » , , » 500 KM Lebih Rekor Jarak Mobil Listrik UNSW

500 KM Lebih Rekor Jarak Mobil Listrik UNSW

[29 Jul] Persaingan memecahkan rekor terus dilakukan oleh banyak pihak, tidak terkecuali para mahasiswa. Para mahasiswa dari University of New South Wales (UNSW), Australia ini pun ingin mencetak rekor. Alhasil, rekor kendaraan listrik tercepat pun terpatahkan.

Tidak main-main, rekor kendaraan listrik tercepat dengan jarak jelajah 500 km dengan menggunakan 1 baterai yang telah bertahan selama 26 tahun patah oleh mereka di arena pacuan kuda di Victoria.

Selain itu, kecepatan rata-rata kendaraan listrik para mahasiswa yang mencapai lebih dari 100 km/jam selama pemecahan rekor juga lebih tinggi dari rekor dunia sebelumnya yang berada di angka 73 km/jam.

Rekor ini menurut situs resmi UNSW tinggal menunggu persetujuan dari Federation Internationale de l'Automobile (FIA). Ini adalah upaya pemecahan rekor di bidang otomotif teranyar setelah puluhan tahun tidak ada di Australia.

Terakhir kali rekor dunia FIA dipecahkan di Australia adalah pada bulan April 1984. Selanjutnya, catatan di Australia ada di Maret 1994 tapi itu hanya diawasi oleh Confederation of Australian Motor Sport.

"Sebagai driver Anda selalu ingin berada di podium dan tidak setiap hari Anda bisa memecahkan rekor dunia. Aku benar-benar menikmati bergaul dengan tim dan menjadi bagian dari sejarah," kata Garth Walden yang ikut serta dalam upaya pemecahan rekor ini.

Rekor ini sendiri tercipta dari mobil balap bertenaga surya bernama Sunswift eVe yang telah dikembangkan sejak tim mahasiswa UNSW didirakan pada tahun 1996. Mobil ini sudah memasuki generasi kelima.

Versi sebelumnya dari Sunswift juga telah menetapkan rekor dunia untuk kendaraan berbahan bakar solar tercepat yang melakukan perjalanan dari Perth ke Sydney, dan rekor Guinness World Record untuk mobil bertenaga surya tercepat.

Tim berharap segala teknologi di mobil ini membuktikan hal itu siap untuk penggunaan praktis sehari-hari. "Lima ratus kilometer cukup jauh bagi orang normal yang ingin mengemudi dalam satu hari," kata project director Hayden Smith.

"Ini demonstrasi lain bahwa suatu hari Anda bisa mengendarai mobil kami," tambahnya.

Mobil ini sendiri menggunakan panel surya di atap dan kap untuk mengisi baterai berbobot 60kg. Namun, panel surya dimatikan selama upaya pemecahan rekor dunia kali ini dan hanya mengandalkan daya pada baterai.

Sumber: detik
Share this article :

0 comments :

Post a Comment



English French German Spain Italian Dutch




 
-->