Home » , , » Dahlan Iskan: Mobil Listrik Sebagai Angkot Bogor

Dahlan Iskan: Mobil Listrik Sebagai Angkot Bogor

[15 Apr] Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, mengaku telah didatangi tim transportasi dari pemerintah kota Bogor, Jawa Barat. Dahlan diminta membantu menyulap angkutan umum bogor menjadi mobil listrik.

Di kantornya, Dahlan mengungkapkan, timnya menyanggupi rencana tersebut. Dia pun menyambut baik inisiatif dari Wali Kota Bogor, Bima Arya, yang ingin mengembangkan mobil ramah lingkungan itu.

"Bima Arya ingin membuat perubahan yang radikal dalam sektor transportasi di Bogor," ungkap Dahlan, Selasa 15 April 2014.

Dahlan mengatakan, mobil listrik yang dikembangkannya memang merupakan solusi untuk mengembalikan citra kota Bogor yang hijau dan bersih dari polusi. Namun, menurut dia, dibutuhkan komitmen yang kuat untuk mengimplementasikan di lapangan.

"Secara teknis tidak masalah, masalahnya mereka berani nggak memakainya di jalan," tegasnya.

Dahlan mengatakan, penggunaan mobil listrik untuk moda transportasi sudah teruji oleh timnya di Surabaya. Menurut Dahlan, saat ini mobil listrik sudah digunakan secara rutin oleh timnya, sehingga kendala dan permasalahan yang timbul sudah bisa diselesaikan.

"Saya juga beli mobil bekas yang saya ubah jadi mobil listrik, nanti bakal dipakai sehari-hari," katanya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, pengembangan mobil listrik hingga saat ini tidak mengalami perkembangan yang berarti. Dari sisi aturan misalnya, hingga saat ini belum ada aturan lintas sektoral yang mendukung perkembangannya, malah justru menghambat.

Dia mencontohkan, saat ini aturan yang diberlakukan oleh otoritas terkait untuk mobil listrik sama dengan mobil biasa. Menurut dia, hal tersebut seharusnya tidak bisa diberlakukan sama.

Menurut Dahlan, dari sisi spesifikasi, mobil listrik dan biasa berbeda. Selain itu, dia mengkritisi keberpihakan instansi pemerintahan terkait lainnya yang pilih kasih dengan mobil listrik. Kondisi tersebut, imbuhnya, yang menjadi penghambat perkembangan mobil masa depan tersebut.

"Kenapa kalau mobil murah dan hybrid dimudahkan aturannya keluar. Kenapa mobil listrik peraturannya nggak jadi-jadi," tuturnya.


Sumber: viva 
Share this article :

0 comments :

Post a Comment



English French German Spain Italian Dutch




 
-->