Home » , , » Soul, Mobil Listrik KIA Pertama

Soul, Mobil Listrik KIA Pertama

[13 Feb] Tak mau ketinggalan dengan produsen mobil lain, KIA akhirnya memiliki mobil listrik yang dijual massal yakni KIA Soul EV. Sesuai namanya, ini adalah versi listrik dari mobil Soul.

KIA memperkenalkan Soul EV untuk pertama kali kepada dunia di Chicago Motor Show. Sebelum itu, KIA sudah melakukan pengetesan ekstrem terhadap mobil listriknya di cuaca dingin.

Untuk eksteriornya, KIA menggunakan 2 kali pengecatan pada bodi dengan mengombinasikan 3 warna.

Misalnya pada bagian atap yang menggabungkan 2 warna Pearl white dengan blue electronic, sedangkan pada bagian tubuh Caribbean Blue yang digabungkan dengan warna putih mutiara membuat biru yang disajikan begitu cerah.

Bicara soal kemampuan berlari dari mobil listrik ini, rupanya tidak bisa dianggap enteng. Motor listrik KIA Soul memiliki kekuatan hingga 109 tenaga kuda dan torsi 210 lb-ft.

Soul listrik memiliki top speed 145 km/jam, serta hanya butuh waktu 12 detik untuk bisa berlari 0-100 km/jam.

Namun inovasi utama yang benar-benar terlihat dalam penempatan baterai yang disajikan Kia Soul EV, dimana Kia menaruh baterai ion lithium berkapasitas 27kWh terletak di bawah lantai. Sekali terisi penuh, baterai ini cukup untuk membawa mobil sejauh 80-100 mil.

Pengisian baterai bisa dilakukan satu hari penuh jika menggunakan soket biasa atau diisi di rumah. Namun, pengendara bisa mengisi baterai hingga 80 persen hanya dalam 33 menit (fast charging) dengan arus pengisian mencapai 50-kW.

Sumber: detik
Share this article :

0 comments :

Post a Comment



English French German Spain Italian Dutch




 
-->