Home » , , » Mobil Listrik Mahasiswa Jember

Mobil Listrik Mahasiswa Jember

[24 Jan] Mobil listrik generasi ke-V rancangan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Jember (Unej) dihadirkan di Situbondo, Jumat (24/1/2014). Mobil listrik bernama Titen GX-V turut meramaikan acara pendidikan bertajuk Kampoeng Kampus di Alun-alun Situbondo. Selain mobil listrik besutan mahasiswa Unej, berbagai karya dari sejumlah universitas di Jawa Timur yang melibatkan mahasiswa asal Situbondo dipamerkan.

"Saya bangga ikut terlibat sebagai perancang mobil listrik Titen GX-V ini. Memang tidak semuanya dari Situbondo, tapi saya mahasiswa Unej asli dari Kecamatan Mangaran, Situbondo," tutur Ridwan, salah satu perancang Titen GX-V.

Selama mengikuti ajang Kampoeng Kampus, Titen GX-V cukup menarik perhatian saat diturunkan untuk test drive di Jalan Kartini, depan Pendopo Kabupaten Situbondo. Banyak warga dan pengguna jalan yang menyempatkan diri untuk melihat kelincahan mobil listrik tersebut. Selain lincah dan mampu melaju dengan kecepatan 50/60 KM per jam, Titen GX-V juga memiliki sistem pengereman dan efisiensi energi cukup baik.

"Mobil listrik ini sudah memenangkan kompetisi mobil listrik nasional di Politeknik Negeri Bandung. Titen GX-V ini tampil sebagai juara umum," sambung mahasiswa IV itu.

Mobil listrik Titen GX-V karya mahasiswa Unej itu disebut-sebut memiliki bobot hanya sekitar 140 kg. Dengan power 1000 Watt, mobil listrik besutan Titen GX-V Universitas Jember mampu melaju dengan kecepatan 50-60 Km/jam dan mampu menempuh jarak 60 Km dengan baterai penuh.

"Malah kalau normal, bisa menempuh jarak sampai 75 Km. Mobil listrik ini menggunakan tenaga aki 48 volt - 35 ampere yang disalurkan ke motor melalui piranti kontrol. Juga dilengkapi dengan alat untuk mengecek daya dan penggunaan daya," papar Dani Arif, mahasiswa lainnya.

Sumber: detik
Share this article :

0 comments :

Post a Comment



English French German Spain Italian Dutch




 
-->