Home » , , » Chrysler ETV-1, Saksi Mobil Listrik Lawas

Chrysler ETV-1, Saksi Mobil Listrik Lawas

[28 Jan] Mobil bertenaga listrik terbukti sudah dikembangkan sejak 35 tahun silam. Tapi sayang karena kalah pamor dengan mobil mesin bensin membuat mobil listrik tersingkir pada saat itu.

Pengembangan mobil listrik sejak 35 tahun silam terbukti lewat mobil listrik konsep Chrysler ETV-1 1979. Mobil tersebut berhasil ditemukan dan kini dijual di situs jual beli eBay Motors.

Munculnya mobil listrik konsep Chrysler ETV-1 1979 menandakan era mobil listrik sudah dimulai sejak tiga puluhan tahun silam.

Dilansir eBay, Selasa (28/1/2014), mobil listrik ini dijual Rp 36,7 juta. Waktu penawaran akan habis pada 29 Januari 2014. Bodinya cukup mulus hanya banyak debu yang menempel pada bodinya.

Bagian dasbor rusak sementara lapisan interior terlihat kusam karena lama tidak tersentuh. Sedangkan spedometer dan pengukur daya listrik masih lengkap.

Saat itu Chrysler berharap mobil tersebut bisa dilempar ke pasar dengan kisaran harga US$ 6.400 atau harga optimisnya US$ 20.536. Model tersebut dibangun oleh Chrysler termasuk teknologi listrik dan bodi. Jarak tempuh mobil ini baru 3.422 mil atau sekitar 5.507 km.

Departemen Energi AS mengatakan, Chrysler ETV-1 adalah mobil listrik 4 penumpang pertama dengan kualitas material terbaik saat itu.

Mobil ini sudah dilengkapi dengan regenerative braking (pengereman regeneratif) dan controlled electric motor yang disebut-sebut teknologi pintar saat itu. Bahkan controlled electric motor pun masih digunakan oleh beberapa pabrikan mobil saat ini dalam membangun mobil listrik dengan paket yang sudah disempurnakan.

Chrysler ETV-1 disokong 18 baterai yang butuh pengisian selama 10 jam di listrik rumahan. Chrysler mengklaim mobil ini butuh 9 detik untuk berlari hinga kecepatan 30 mph atau sekitar 48 km/jam.

Sumber: detik
Share this article :

0 comments :

Post a Comment



English French German Spain Italian Dutch




 
-->