Home » » Rakit Pembangkit Listrik Sendiri (Untuk Awam)

Rakit Pembangkit Listrik Sendiri (Untuk Awam)

Gambaran singkat

Sulitkah konsep sebuah pembangkit listrik? Jawabannya tidak terlalu juga. Coba pahami alur pikirnya dahulu.

Perlu diketahui sebelumnya, artikel ini memang sengaja dibuat sederhana, agar informasi dapat dimengerti oleh semakin banyak lapisan masyarakat. Jadi bagian teori akan kita lewati saja, agar tidak bingung.

Intinya pembangkit listrik terdiri dari bagian berikut. Ada bagian yang boleh ada atau tidak, tergantung tujuan pemakaiannya.

rakit pembangkit listrik sendiri

Contoh-contoh penerapan sederhana dapat kita temui pada:
  • Senter kinetik yang menyala saat dipompa.
  • Dinamo lampu sepeda tanpa baterai
  • Jam tangan jadul (jaman dulu) tanpa baterai (mungkin pakai kapasitor mungil)
Ketiganya tanpa baterai, karena energi langsung dipakai saat proses pembangkitan itu sendiri. 

Pembangkit

Untuk lebih mudah dimengerti penulis lebih condong kelompokkan Pembangkit Listrik (generator) menjadi dua bagian besar:
  • Pembangkit Kinetik, yaitu pembangkit listrik yang menggunakan salah satu antara dinamo atau alternater. Kemudian ditambahkan tenaga eksternal. Intinya, tenaga eksternal akan memutar alat ini. Dan gerakan tersebut akan membuat garis gaya magnet di dalamnya menjadi tidak stabil. Saat tidak stabil itulah maka tercipta listrik. Tenaga eksternal tersebut bisa berupa kayuhan secara langsung, atau menggunakan turbin/roda yang digerakkan oleh bantuan proses alami seperti angin, air (termasuk arus sungai, ombak & hujan), udara panas (yang dihasilkan dari panas bumi, pembakaran BBM, batu bara, biogas/LPG, atau sampah padat). Pada gambar di atas, tenaga eksternal yang memutar dinamo adalah rantai yang tersambung pada kayuhan sepeda.
  • Pembangkit Non kinetik atau Kimiawi, yaitu pembangkit listrik tenaga surya atau di masa yang akan datang mungkin ada lagi yang lain. Jenis ini tidak memerlukan dinamo karena proses penciptaan energi terjadi akibat ketidakstabilan proton. Untuk jenis tenaga surya ketidakstabilan dipicu oleh kehadiran cahaya.
Tetapi jika digolongkan menurut sumber tenaganya, terbagi sebagai berikut:
  • Tidak Terbaharui atau pada saatnya akan habis terpakai, yaitu pembangkit dari sumber seperti BBM, batu bara, LPG, atau bahan lain yang tidak mungkin diciptakan lagi. Menjelang persediaannya habis, maka harga energi pun akan menjadi semakin mahal dan mencekik. Contoh yang kita rasakan sekarang adalah akibat pembangkit tenaga BBM.
     
  • Dapat Diperbaharui atau tidak akan habis terpakai, yaitu pembangkit dari sumber energi berlimpah seperti sampah, angin, surya, air, panas bumi, dan lainnya. Jika berhasil berdayakan pembangkit jenis ini, maka cita-cita kita sejak 31 Juli 2007 lalu akan terwujud!


Penyimpan

Bagian ini boleh ada atau tidak. Jika kita tidak menggunakan energi saat itu juga, tentu diperlukan baterai sebagai media penyimpan energi. Baterai yang tersedia di pasaran adalah sebagai berikut:
  • accu, berdasarkan isi dalamnya dibedakan menjadi basah, kering, maintenance free
  • lithium, berdasarkan isi dalamnya dibedakan menjadi: li-on, lipo
Untuk keperluan ini memang sebaiknya dipilih jenis deep cycle yaitu baterai yang dirancang untuk dipakai hingga habis, sedangkan accu kendaraan tidak. Contoh jenis deep cycle adalah accu untuk UPS. Tapi jika terpaksa accu kendaraan tetap bisa digunakan, tentu dengan sedikit perlakuan ekstra.

Pengubah

Bagian Inverter (Pengubah) ini boleh ada atau tidak. Bagian ini ditambahkan hanya saat perlu keluaran jenis arus AC. Tetapi karena proses konversi DC ke AC ini menyebabkan pengurangan energi, alangkah baiknya jika kita bisa menghindari penggunaan inverter ini. Disamping itu, listrik pun akan kembali dikonversi dari AC ke DC oleh adaptor masing-masing alat elektronik. Maka akan ada 2 proses yang saling meniadakan dan ini merupakan inefisiensi energi.

Langkah Selanjutnya?

Untuk pembangkit kinetik maka mencari dinamo & bagian penggerak eksternal adalah langkah selanjutnya. Pembangkit yang cukup mudah diterapkan di daerah adalah pembangkit mikrohidro (digerakkan oleh arus sungai) & biogas. Artikel tentang biogas bisa lihat di sini. Jika memerlukan dinamo, solar panel, baterai dan lain-lain, dapat kontak penjual masing-masing di menu "Jual/Beli".

Perlu teman ngobrol tentang ini? Silahkan gabung klik menu "Komunitas" di bagian atas halaman. Pilih bentuk yang paling cocok & jangan sungkan bertanya. Ayo bersama-sama perjuangkan cita-cita yang sudah kita dengungkan sejak lama, yaitu menuju sebuah bangsa mandiri energi!

Kontributor: Admin, Adi Purnama, Hardy The.


Anda pun dapat berkontribusi sempurnakan atau kirim "paduan & diy" seperti ini. Caranya di sini, dapat disimak point ke 4 dari bagian "umum".

 Artikel terkait
Share this article :


English French German Spain Italian Dutch




 
-->