Home » , , , » Ridwan Kamil: 100 Bus Listrik Umum

Ridwan Kamil: 100 Bus Listrik Umum

[26 Nov] WaliKota Bandung, Ridwan Kamil (RK), mengaku nyaman saat mencoba bus bertenaga listrik yang dipamerkan dalam roadshow oleh Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek). 

"Nyaman. Tapi memang setiap di gas masih ada hentakan," ucapnya, Selasa (26/11/2013). 

Meski demikian, pihaknya tidak terlalu mempermasalahkannya. Pasalnya, untuk rute dalam kota masalah itu tak terlalu bermasalah. 

Dia menilai, transportasi massal bertenaga listrik juga cocok untuk digunakan di dalam kota. "Teorinya kan 100 km baru di cas. Jadi cocok untuk di dalam kota. Tapi untuk di luar kota perlu riset lagi," katanya. 

Kedepan, pihaknya akan memesan sekira 100 unit bus untuk memenuhi kebutuhan transportasi massal terutama untuk bus sekolah gratis. Selain itu, bukan tidak mungkin nantinya taksi di Kota Bandung bakal menggunakan mobil bertenaga listrik. 

"Taksi saja kalau 100 km itu bisa seharian. Idealnya masyarakat naik publik transportasi yang tidak mahal operasionalnya dan ramah lingkungan," jelasnya. 

Sementara itu, Menristek, Gusti Muhammad Hatta, memprediksi harga bus bertenaga listrik bisa bersaing dengan bus lainnya. 
"Harga untuk penelitian hampir Rp1 miliar. Mungkin kalau sudah diproduksi massal bisa hanya 30 persen saja. Apalagi kalau tidak kena pajak bisa lebih murah," bebernya. 

Namun pihaknya menyerahkan sepenuhnya masalah harga kepada kementerian lainnya. Pasalnya, kemenristek hanya bertugas untuk menghasilkan barang berteknologi kekinian namun tidak untuk produksi massal.

sumber: okezone


Share this article :

0 comments :

Post a Comment



English French German Spain Italian Dutch




 
-->