Home » , , , , » 20 Miliar Untuk Riset Mobil Listrik Bagi 5 Universitas

20 Miliar Untuk Riset Mobil Listrik Bagi 5 Universitas

[22 Oct] Saat ini 5 Universitas negeri terkemuka di Indonesia seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), ITS dan UNS tengah menggarap mobil listrik nasional.

Pengamat Desain Otomotif dari ITB, Yanes Martinus Pasaribu yang juga turun mengembangkan mobil listrik nasional ini mengatakan kalau 5 universitas negeri itu diutuskan oleh Diknas untuk melakukan riset pengembangan desain dan engineering untuk mobil listrik nasional.

"Kita disuruh meriset dan mengembangkan mulai dari drivetrain, baterai sampai desain kendaraan hingga bodi," ujar pria yang juga menjadi dosen desain produk di ITB kepada detikOto di sirkuit Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (22/10/2013).

Menurut rencana, mobil listrik ini akan selesai di tahun 2014 mendatang dan sampai saat ini masih dalam tahap pengembangan.

Untuk dananya itu sendiri lanjut Yanes, Diknas mengucurkan sebesar 20 miliar. Dana itu digunakan untuk melakukan riset karena semuanya akan dibuat sendiri.

"Seperti baterai dan motor sudah dilakukan riset dasar, desain sedang mengembangkan untuk aplikasi, sekarang sudah menghitung strukturnya dan platformnya juga akan kita bikin sendiri," pungkasnya.

detik via
Share this article :

0 comments :

Post a Comment



English French German Spain Italian Dutch




 
-->