Home » » Chairul Tanjung Siap Garap Mobil Listrik Nasional

Chairul Tanjung Siap Garap Mobil Listrik Nasional

[13 Sept] Menteri Perindustrian MS Hidayat melihat, pengembangan mobil listrik nasional untuk komersil membutuhkan investor yang siap menanggung risiko bisnis.

"Saya sudah bicara dengan Presiden untuk kemungkinan pengembangannya. Presiden bertanya apakah bisa dimulai, lalu saya jawab bisa asalkan bertahap. Saya bilang kalau memang sudah berjalan (komersil) harus ada investor yang siap menanggung risiko bisnisnya," ujar MS Hidayat seperti dikutip Antara di Jakarta, Jumat (13/9).

Hidayat menyebut pengusaha nasional yang juga Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chairul Tanjung menyatakan siap menjadi investor. Hanya saja, perlu disiapkan infrastruktur pendukungnya.

"Chairul Tanjung bilang siap. Tapi jika ingin benar-benar mengembangkan mobil listrik, kita tentu harus melengkapi infrastrukturnya dulu seperti tempat mengisi ulang baterai mobilnya, semacam SPBU. Kalau infrastruktur dan persyaratan secara publik sudah siap, barang kali produsen bisa memulai," ujarnya.
Menteri BUMN Dahlan Iskan sebelumnya telah meminta Kementerian Perindustrian mengeluarkan izin kelaikan mobil listrik nasional, agar mobil listrik tersebut bisa digunakan dan diperkenalkan dalam forum KTT APEC di Bali awal Oktober 2013.

Terkait hal itu Menperin mengatakan uji kelaikan merupakan kewenangan Kementerian Perhubungan. "Saya katakan bahwa uji kelaikan itu dikeluarkan Kementerian Perhubungan. Kalau soal produksi secara massal itu baru di Kementerian Perindustrian. Tapi Pak Dahlan jangan khawatir, saya kira sebelum KTT APEC berlangsung izin kelaikan sudah akan keluar," kata Hidayat.

merdeka
Share this article :

0 comments :

Post a Comment



English French German Spain Italian Dutch




 
-->