Home » , » Invelox, Cerobong Penghasil Listrik

Invelox, Cerobong Penghasil Listrik

[1 Aug] Harga instalasi murah, cukup dengan angin berkecepatan rendah, tidak menimbulkan polusi suara, serta tidak membutuhkan lahan khusus.

Beberapa hal tersebut adalah sebagian dari berbagai pertimbangan untuk mencari alternatif turbin angin konvensional. Wind Harvester dan Saphonian adalah contoh di antaranya.

Menyusul apa yang telah dilakukan Saphon Energy dan Mecanoo, sebuah perusahaan energi angin yang berada di Minnesota, AS, Sheerwind mempublikasikan terobosan teknologi pemanen energi angin yang dikembangkannya.

Teknologi yang diberi nama Invelox tersebut menggunakan metode yang baru pertama kali diaplikasikan untuk turbin angin. Sebuah gerbang yang bertugas menjadi semacam saluran udara akan mengarahkan angin dengan kecepatan berapapun.

Di bagian ujung saluran tersebut, angin yang keluar telah mengalami percepatan. Selanjutnya energi kinetik yang dihasilkannya dimanfaatkan untuk memutar turbin dan menggerakkan generator.

Bagian terpenting dari teknologi Invelox ini adalah pada sistem ducting-nya yang menerapkan teori Venturi Effect. Angin yang masuk dengan kecepatan rendah akan terkumpul tepat sebelum titik efek Venturi. Tekanan besar pada titik tersebut akibat mengecilnya saluran akan mengakibatkan pelepasan tekanan dan mengalirkan angin yang melaluinya dengan kecepatan lebih tinggi. Area setelah titik efek Venturi merupakan area dimana turbin angin atau generator dipasang.

Sheerwind juga mengklaim bahwa teknologinya mampu menghasilkan output 600% lebih besar dari turbin konvensional. Klaim tersebut didasarkan pada tes komparatif Invelox yang sayangnya masih menggunakan metode yang kurang jelas secara keseluruhannya.

ristek
Share this article :

0 comments :

Post a Comment



English French German Spain Italian Dutch




 
-->