Home » , , » Mobil Listrik Tercepat Sedunia

Mobil Listrik Tercepat Sedunia

[1 Juli] Teknologi hijau kini tak hanya sekedar ramah lngkungan. Namun juga soal adu cepat. Termasuk juga adu cepat mobil listrik. Adu cepat ini, kini telah menarik Inggris untuk ikut berlomba membuat mobil listrik tercepat.

Adalah mobil prototipe B12/69, yang bisa melaju 204,2 mil per jam atau sekitar 326,7 km per jam dalam uji di Yorkshire, pekan lalu. Rekor sebelumnya, lebih lambat 46,4 km per jam. Sebelumnya rekor kecepatan untuk mobil listrik diraih oleh General Electric pada 1974 di Utah, Amerika Serikat. Saat itu kecepatannya mencapai 175 mil per jam.

Mantan Menteri Riset dan Teknologi Inggris Lord Drayson mengatakan, senang bisa menampilkan kendaraan listrik yang cepat dan handal. "Ini bukan sekedar soal kecepatan 204 mil per jam, tapi soal tantangan rekayasa percepatan pada kendaraan listrik," ujarnya.

Menurutnya, rekor ini merupakan pencapaian Inggris dalam industri mobil listrik yang sedang berkembang. "Saya senang berada di garis depan revolusi listrik ini," kata Drayson, yang mengemudikan mobil itu. Lord Drayson telah melakukan test drive pada mobil yang merupakan gubahan mobil B10 yang digunakan dalam ajang balap Le Mans.

Sejak turun jabatan pada 2010, Drayson yang multi-jutawan itu, telah mendedikasikan dirinya untuk penelitian dalam pengembangan mobil balap ramah lingkungan. Dia mengaku menggemari mobil. Saat ini, ia menjabat sebagai presiden Asosiasi Industri Motorsport. Dia juga pernah tampil di ajang balap 24 jam Le Mans, di Prancis.

Tim balap Drayson Racing Technologies telah mengembangkan teknologi baru termasuk kendaraan biofuel, dan yan terakhir mobil balap listrik. Mereka bekerja sama dengan Qualcomm untuk mengembangkan sistem pengisian listrik nirkabel yang cepat.

Adu teknologi mobil hijau di lintasan balap ini memang sedang menghangat. Awal pekan ini Nissan meluncurkan ZEOD RC, yang diklaim mampu mencapai kecepatan lebih dari 186 mil per jam. Mobil ini akan menjalani debut di balap Le Mans tahun depan. Tesla, salah satu produsen mobil listrik, mampu memproduksi mobil yang berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam 3,9 detik.

tempo
Share this article :

0 comments :

Post a Comment



English French German Spain Italian Dutch




 
-->