Home » , , » Mobil Listrik Murah 50 Juta Ala China

Mobil Listrik Murah 50 Juta Ala China

Mobil Listrik 50 juta
[22 Juli] Banyak pabrikan otomotif mematok tinggi kendaraan ramah lingkungan mereka. Bahkan kerap lebih tinggi dari harga produk reguler mereka. Alasannya, biaya produksi yang dibutuhkan untuk menyuntikkan teknologi pengolah energi yang digunakan sangatlah mahal.

Tetapi itu tidak berlaku bagi Zhejiang 001 Group. Mobil tenaga surya rakitannya dijual dengan sangat murah. Hanya US$ 5.560 atau kurang dari Rp 55 juta per unit!

Dari sisi eksterior, dengan posisi panel surya selebar itu menempel di atap, mobil ini memang tampak aneh untuk dilihat. Namun jika Anda benar-benar berniat menyelamatkan lingkungan, tampilan kurang nyaman mungkin bisa sedikit diabaikan.

Perusahaan yang berdiri sejak 1988 ini menyatakan, panel surya yang dipasang pada atap mobil rakitannya mampu menyerap 95 persen energi panas dan langsung mengkonversikan sekitar 14-17 persennya menjadi energi listrik untuk menjalankan mobil ini.

Untuk melajukan mobil ini sejauh 5 kilometer, penggunanya cukup 'menjemur' mobil ini sekitar satu jam. Tetapi jika ingin membawanya menjelajah lebih jauh lagi, waktu pengisian energi pun harus dilakukan lebih lama. Sekadar info, untuk dapat melaju sejauh 150 kilometer, waktu pengecasan yang dibutuhkan mobil sekitar 30 jam.

Mobil ini sempat dipamerkan, September 2008 lalu. Yaitu pada Zhejiang International Bicycles and Electric-powered cars Exhibition ke-29. Ini adalah pameran rutin tahunan salah satu kota besar di China itu, yang mengusung penghematan energi sebagai tema utama.

Grup perusahaan Zhejiang 001 yang terbilang cukup pengalaman dengan peralatan-peralatan serba eletronik, adalah peserta tetap pameran ini. Perusahaan ini mengambil spesialisasi pembuatan produk elektronik dan telekomunikasi. Mulai antena televisi, penerima satelit digital, kabel televisi, hingga sepeda listrik. Produk-produk Zhejiang bisa ditemui di sejumlah negara seperti Asia Tenggara, Eropa, Africa, Timur Tengah, Australia serta Russia.

Tetapi sayang, Zhejiang 001 memproduksi mobil ini dengan sangat terbatas, yaitu hanya 10 unit. Jadi bagi Anda yang berminat untuk membelinya, bersabarlah. Barangkali dalam beberapa tahun ke depan perusahaan ini akan membuat mobil hemat energi yang diproduksi secara masal. Tentunya, mobil yang pepampilannya lebih enak dipandang dan murah harganya.

viva 
Share this article :

0 comments :

Post a Comment



English French German Spain Italian Dutch




 
-->