Home » , , , » Agar Harga Mobil Listrik Nasional Murah

Agar Harga Mobil Listrik Nasional Murah

[15 Juli] Harga mobil listrik saat ini masih dinilai mahal, untuk mobil listrik buatan Dasep Ahmadi made in Depok masih berkisar Rp 100-Rp 200 juta. Namun ada cara dari Direktur Utama PLN Nur Pamudji agar harga mobil listrik bisa murah, bagaimana?

"Saat ini kan harga mobil listrik masih terbilang mahal, tentu kendala mahalnya ini membuat mobil listrik belum begitu dilirik," ucap Direktur Utama PLN Nur Pamudji, ditemui di kantor Ditjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Cikini, Jakarta, Senin (15/7/2013).

Dari sekian banyak komponen mobil listrik, kata Nur, paling mahal adalah harga baterainya. Di mana 50% dari harga mobil itu berasal dari harga baterai mobil listrik. "Harga mobil listrik itu 50% merupakan harga dari baterai mobil," ucapnya.

Untuk mengurangi mahalnya harga baterai mobil listrik tersebut, Nur mengusulkan agar baterai mobil listrik terjual terpisah dan baterainya bisa disewa agar harganya lebih murah.

"Seperti tabung gas Pertamina, kita kan nggak perlu tabungnya, kita perlu gasnya. Sama juga kalau baterainya habis tinggal tukarkan baterainya yang kosong dengan yang ada isinya, tapi bukan berarti seperti pertamina PLN yang sediakan baterainya, itu diserahkan swasta saja, listriknya yang disediakan PLN," kata Nur.

detik
Share this article :

0 comments :

Post a Comment



English French German Spain Italian Dutch




 
-->