Home » » Mobil Listrik Dahlan Iskan September Selesai

Mobil Listrik Dahlan Iskan September Selesai

[4 Juni] Menteri BUMN Dahlan Iskan saat ini sedang mempersiapkan kelahiran mobil listrik untuk dipamerkan di KTT Apec. Sebelum 'bertugas', mobil-mobil listrik Made in Indonesia itu diperkirakan akan selesai pada September mendatang.

Untuk KTT Apec yang akan digelar di Bali pada Oktober 2013 mendatang, Dahlan akan memamerkan mobil sport bertenaga listrik bernama Selo, mobil MPV premium bernama Arimbi dan bus bertenaga listrik. Sebelum pagelaran itu dilaksanakan, targetnya kendaraan-kendaraan listrik ini sudah selesai dikerjakan.

"(Untuk Selo) September-lah. Termasuk (mobil listrik sekelas Alphard bernama Arimbi) Alphard dan Bus juga," katanya.

Meski begitu, Dahlan enggan berbicara banyak terkait persiapan mobil-mobil tadi. Sebab, dia tidak mau 'Putra Petir', tim yang dibangun Dahlan untuk mengembangkan potensi kendaraan listrik di Indonesia merasa tertekan karena banyaknya pemberitaan.

Untuk Selo, mobil ini diharapkan bisa mendekati 'kesaktian' Ki Ageng Selo dalam mitos Jawa. Tidak banyak keterangan mengenai mobil Selo ini. Namun buku itu menulis Ki Ageng Selo dalam mitos Jawa memiliki beragam kesaktian, termasuk menangkap petir dan memanfaatkannya sesuai keinginan. Itu pula yang sepertinya ingin dilakukan mobil sport listrik Selo. Menggunakan tenaga listrik, mobil ini ingin berlari kencang.

Selo yang dikatakan Dahlan akan menggunakan gearbox --beda dengan Tucuxi yang tidak menggunakan gearbox-- dikembangkan oleh Ricky Elson, salah satu anggota 'Putra Petir' yang secara desain memang cukup seksi. Garisnya mengalir memperlihatkan aerodinamika kendaraan.

Bentuk lampu depan yang 'mengalir' tampak padu dengan guratan garis di body samping yang kemudian mengalir ke tail lamp di buritan. Sekilas memandang saja, mobil ini sudah tampak seksi meski sepintas mirip dengan garis desain McLaren atau Saleen Raptor.

Belum diketahui seberapa kuat motor listrik yang diaplikasi di mobil ini. Pun begitu, kapasitas baterai listriknya juga belum diketahui sehingga kita tidak tahu seberapa kencang mobil ini, termasuk seberapa cepat akselerasinya dan tenaga yang bisa dihasilkannya.

Sementara Arimbi adalah MPV premium yang mampu menampung 7 penumpang meski sekilas jika melihat desainnya mobil ini mirip dengan konsep penerus mobil VW Kombi yakni Bulli yang gagal diproduksi Volkswagen.

Adapun bus bertenaga listrik yang akan hadir di KTT Apec diberi nama VIP dimana dibagian samping bus yang diproduksi oleh PT Ahmadi Satria Mas (ASM) pimpinan Dasep Ahmadi itu akan memiliki tulisan 'this electric vehicle is proudly made in Indonesia for APEC 2013.'

detik
Share this article :

0 comments :

Post a Comment



English French German Spain Italian Dutch




 
-->