Home » , , , » Sepeda Motor Listrik untuk Pasukan Khusus

Sepeda Motor Listrik untuk Pasukan Khusus

Sepeda motor listrik buatan Zero Motorcylces, Zero MMX - jenis trail - ternyata bisa dimanfaatkan oleh pasukan khusus Amerika Serikat (AS) untuk membantu melakukan  penyergapan teroris. Pasalnya, karena sepeda motor ini tidak mengeluarkan suara, dinilai sangat menguntungkan untuk operasi tersebut, khususnya di daerah terpencil atau pegunungan.

Zero MMX dibuat berdasarkan Zero MX tersebut dengan perjanjian kerjasama dengan militer AS. Saat ini sedang diuji-coba pada suatu operasi dengan tambahan kelengkapan yang tidak dipunyai versi sipil.

Contohnya, untuk menjalankannya, tidak perlu kunci sehingga bisa digunakan dengan cepat saat darurat. Juga dilengkapi kabel untuk sensor inframerah di belakang dan depan. Kemampuanbaterainya  menyimpan listrik juga besar sehingga bisa membantu operasi di malam hari yang butuh penerangan lebih baik. MMX juga dirancang anti-air, terus bergerakkendati terendam satu meter.

Juga disediakan pelindung tangan pada tuas gas, pijakan kaki, kabel penarik dan tali pengikat di belakang jok. Motor listrik yang digunakan sama dengan versi sipil, terdiri dari dua pilihan, single module ZF2.8 atau dual module ZF5.7. Untuk paket ZF2.8, menghasilkan tenaga 27 PS dan torsi 92 Nm. Untuk ZF5.2, tenaga maksimal 54 PS.

Paket energi itu bisa ditukar dengan cepat, tidak sampai satu menit dengan catatan batgerai sudah diisi. Untuk mengisi ulang butuh waktu hampir tiga jam buat paket ZF2.8 dan hampir lima jam buat paket ZF5.7. Kalau ingin cepat, Zero juga menyediakan charger khusus yang bisa memangkas waktu menjadi satu atau dua jam.

”Ini pengalaman paling membanggakan buat tim Zero selama mengembangkannya. Militer butuh kendaraan spesifik. Itulah yang kami laku pada MMX. Buat sipil, semua produk kami kualitasnya sama dengan versi  militer yang sudah terbukti tangguh,” ujar Abe Askenazi, Chief Technology Officer Zero Motorcycles.

Sumber: kompas
Share this article :

1 comments :

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete



English French German Spain Italian Dutch




 
-->