Home » , , » Motor sport listrik ala wong Solo

Motor sport listrik ala wong Solo

[3 Mei] Tak mau kalah dengan mobil listrik buatan Dahlan Iskan, seorang warga Solo juga membuat motor sport listrik. Motor yang menggunakan empat aki ini mampu melesat hingga 60 kilometer perjam dengan jarak tempuh mencapai 100 kilometer.

Diakui Sasana Biwara Nugraha (35) warga Banjarsari, Kota Solo ini bahwa idenya membuat motor sport listrik terinspirasi dari mobil listrik Dahlan Iskan. Secara otodidak, Sasana merancang bodi dan mesin motor sport listriknya.

Saat melakukan uji coba, motor listrik tersebut bisa melaju kencang layaknya motor sport biasa. Saat ini, kecepatannya masih terpantau dikisaran 60 kilometer perjam.

"Kecepatannya bisa ditambah jika aki yang digunakan ikut ditambah," ujar bapak satu anak tersebut, Jumat (3/5/2013).  

Kehebatan dari motor listrik buatan Sasana ini, tidak menimbulkan polusi udara dan suara. Motor bertenaga empat accu ini bisa mencapai jarak 100 km dengan kecepatan 60 km per jam.

Dengan mengendarai motor ini anda tidak perlu bersusah payah mencari SPBU atau mengantre, cukup dengan mengisi ulang accu selama 10 jam dengan carge praktis yang disediakan.

Hasil karya Sasana ini patut diacungi jempol, jebolan mahasiswa jurusan akuntansi ini belajar secara otodidak membuat dan merakit motor.

Sebelumnya Sasana berprofesi sebagai montir panggilan ini sudah membuat berbagai mesin dan alat tranposrtasi alternatif, seperti sepeda listrik  yang dirakit pada motor bebek, sepeda ontel dengan mesin pemotong tumput, alat turbo elektrik penghemat BBM untuk mobil, dan mesin uap mini unuk pabrik kayu dan motor listrik.

Dengan keuletannya, Sasana membuat motor listrik di teras rumahnya hanya dalam waktu delapan bulan termasuk merakit dan uji coba. Sebagian besar komponen motor sport listrik buatannya berasal dari barang bekas yang difungsikan kembali.

Untuk memulai proyeknya, Sasana dan rekannya sudah mengeluarkan biaya sebesar Rp60 juta. Karena kesulitan biaya, seentara ini bodi motor tersebut belum sempurna tertutup.

Berikut penjelasan cara kerjanya:



sumber: sindonewssolopos
Share this article :

2 comments :



English French German Spain Italian Dutch




 
-->