Home » , , » Becak Cinta Bertenaga Surya dari Lamongan

Becak Cinta Bertenaga Surya dari Lamongan

Siswa SMKN 2 Lamongan menciptakan sebuah kendaraan yang menggunakan tenaga matahari atau surya. Becak Wisata Tenaga Surya atau yang disingkat menjadi Beta Gayak, merupakan karya yang patut diperhitungkan.

Melihat tampilan fisik kendaraan rakitan sekolah yang beralamat di Jalan Veteran Lamongan tersebut memang belum bisa disebut indah. 

Lebih menyerupai 'becak cinta' yang saat ini memang sedang ngetren di Lamongan. Namun sebagai kendaraan tenaga surya yang mampu dirakit siswa Lamongan, usaha mereka patut diapresiasi.

Kepala SMKN 2 Lamongan, Matekur mengaku, pembuatan kendaraan itu diawali keprihatinan semakin tipisnya cadangan minyak bumi dan tingkat polusi yang tinggi akibat penggunaan BBM fosil. 

"Pembuatan kendaraan ini sebagai bagian dari upaya kami untuk mendukung Program Lamongan Green and Clean," katanya.

Beta Gaya, ungkap Matekur, sumber tenaganya berasal dari empat panel surya, solar cell, yang masing-masing memiliki kapasitas 12 V / 10 A. 

Sementara penggeraknya menggunakan dua motor listrik yang masing-masing berkapasitas 500 watt. Tenaga yang didapat dari panel surya itu disimpan dalam 4 aki dengan kapasitas masing-masing 12 V / 10 AH. Kendaraan dengan panjang total 290 cm tersebut diklaim bisa melaju hingga 50 kilometer per jam. 

"Ketika dimuati maksimal 4 penumpang kendaraan ini dia bisa digunakan hingga jarak 80 kilometer," ujarnya.

Beta Gaya karya para siswa SMKN 2 Lamongan ini sendiri ditampilkan dalam Pameran Pendidikan Lamongan yang diikuti 120 instansi, mulai dari lembaga pendidikan tingkat SD hingga SMA serta sejumlah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan dan SKPD yang akan digelar selama 4 hari. 

Beta Gaya juga sempat diuji coba sendiri oleh Bupati Lamongan, Fadeli bersama jajarannya.

detik
Share this article :

0 comments :

Post a Comment



English French German Spain Italian Dutch




 
-->