Home » , , , » PLTA Poso II Siap Alirkan 195MW

PLTA Poso II Siap Alirkan 195MW

Wilayah Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan siap mendapat pasokan listrik baru sebesar 3x65 megawatt. Hal itu terkait beroperasinya PLTA Poso II yang terletak di Desa Sulewana, Pamona Utara, Poso, Sulawesi Tengah. "Paling lambat awal bulan PLTA dioperasikan dan akan mengaliri listrik ke wilayah Sulteng dan Sulsel," kata mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat meninjau persiapan terakhir beroperasinya PLTA tersebut di Poso, Selasa (23/10).

Kalla menjelaskan, proses pembangunan PLTA itu terbilang lama yaitu memakan waktu enam tahun. Artinya, proyek ini sudah dimulai semasa Kalla masih menjabat sebagai wakil presiden. "Memang lama proyeknya. Apalagi ada persoalan geologis ketika melakukan di wilayah ini," ujarnya sambil menjelaskan lokasi pembangunan berada di pegunungan yang labil. Dengan bangga Kalla menyatakan, seluruh pembangunan generator dikerjakan melalui tenaga dalam negeri. Namun, turbin untuk generator didatangkan dari China.

Berdasarkan informasi yang diperoleh proses pembangunan PLTA Poso II memakan biaya US$400 juta (Rp4 triliun). Sumber pendanaan berasal dari kas internal PT Poso Energy dan konsorsium perbankan nasional. Kalla menyebutkan, rencananya setelah PLTA Poso II beroperasi, PT Poso Energy sebagai pengelola PLTA akan memulai pembangunan PLTA Poso I dengan kapasitas 2x45 mw. Kemudian dilanjutkan dengan PLTA Poso III dengan kapasitas 2x90 mw di lokasi yang tidak jauh dari PLTA Poso II. "Sekarang keduanya sudah masuk tahap land clearing," ungkapnya.
SUMBER:

Sumber: Media Indonesia
Share this article :

0 comments :

Post a Comment



English French German Spain Italian Dutch




 
-->