Home » , , , » PLN: 7 PLTS Baru di NTB

PLN: 7 PLTS Baru di NTB

PT PLN Persero menargetkan tujuh Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) baru di Kepulauan Sumbawa, NTB, akan beroperasi pada pertengahan 2013.

Tujuh lokasi tersebut berada di Kepulauan Sumbawa, antara lain Pulau Medang, Sekotok, Moyo, Bajo Pulo, Maringkik, dan tiga subranting, yaitu Lantung, Lebin dan Lawis.

"Pertengahan tahun depan tujuh PLTS ini sudah bisa operasi," kata Deputi Manager Perencanaan PT PLN Wilayah NTB Anang Imam dalam publikasi PLN, di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, sekarang ini sedang tahap proses lelang tujuh lokasi dengan kapasitas yang bervariasi dan diperkirakan masa kontruksi PLTS sekitar tiga bulan.

Investasi tujuh PLTS dengan kapasitas lebih dari 900 kiloWattpeak (kwp) mencapai Rp33 miliar.
"Tujuh PLTS baru dengan total sekitar 900 kWp mampu mengurangi konsumsi pemakaian BBM pembangkit listrik diesel cukup signifikan, yakni setara dengan penghematan biaya operasional penyediaan listrik sekitar Rp2 miliar per bulan," ungkapnya.

Sebelumnya, PLN NTB sudah mengoperasikan tiga PLTS di tiga pulau kawasan wisata dengan total kapasitas 820 kWp, yaitu Gili Trawangan berkapasitas 600 kWp, Gili Air 160 kWp, serta Gili Meno berkapasitas 60 kWp. Dengan pengoperasian ini bisa menghemat biaya operasional sekitar Rp1,8 miliar per bulan.

Untuk PLTS Gili Trawangan tahap I berkapasitas 200 kWp sudah beroperasi sejak Maret 2011 dan tahap II berkapasitas 400 kWp beroperasi pada Mei 2012. Total investasi dua unit PLTS tersebut mencapai hampir Rp25 miliar.

"Dua unit PLTS dengan luas lahan 2,5 hektare ini terdiri dari 3.300 photovoltaic module. Sedangkan lahan PLTS disediakan pemerintah daerah sebagai dukungan terhadap program go green solution,"katanya.

Sumber: AntaraNews
Share this article :

0 comments :

Post a Comment



English French German Spain Italian Dutch




 
-->