Home » , » SBY: Riset Mobil Listrik Dikembangkan

SBY: Riset Mobil Listrik Dikembangkan

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menginginkan terus dikembangkan research and development untuk tujuan khusus.
“Misalnya harus ada tujuan ekstra di negeri ini, misalnya riset yang berkaitan dengan kendaraan ramah lingkungan atau green car atau electric car kalau itu salah satu yang perlu kita kembangkan,” kata SBY dalam pengantar rapat kabinet terbatas bidang ekonomi di kantor Presiden Jakarta, Kamis (3/5/2012), sore.
Presiden memberi alasan dibalik idenya itu. Menurutnya, perubahan yang sangat dramatis di negeri ini adalah lonjakan roda empat atau roda dua.
“Di satu sisi kita bersyukur bagi saudara kita yang memiliki kemampuan tinggi untuk membeli kendaraan roda empat dan roda dua. Dan jumlahnya tiap tahun kenaikan bukan puluhan ribu tapi juga jutaan kendaraan roda empat atau roda dua,” kata dia.
Namun disisi lain, lanjut Presiden, hampir pasti penggunaan BBM  meningkat tajam dengan terus bertambahnya kendaraan bermotor.
“Kalau kita tidak ada usaha yang sangat luar biasa untuk memastikan kendaraan-kendaraan itu makin hemat BBM, sebagaimana yang sekarang banyak dilakukan perusahan-perusahaan di banyak negara maka akan ada kesulitan-kesulitan besar yang kita hadapi,” kata SBY.
Maka dari itu, SBY mengatakan pemerintah akan menjemput dari hulunya, bukan policy bukan pembatasan, bukan pengurangan, bukan pengaturan, tetapi dari hulunya kendaraan-kendaraan itu sudah sangat hemat dan sangat efisien.
“Maka penelitian dan pengembangan untuk tujuan itu saya pikir perlu kita lakukan, dan nanti kita hitung biayanya, dan bukan siapa, biasanya kolaborasi pemerintah dan dunia usaha, kemudian kita jadikan bagian dari upaya penghematan nasional,” katanya.
Share this article :

0 comments :

Post a Comment



English French German Spain Italian Dutch




 
-->