Home » » Tips Untuk Mobil Atau Sepeda Motor Listrik

Tips Untuk Mobil Atau Sepeda Motor Listrik

Semua Jenis Kendaraan
(Jenis Mobil Listrik Atau Sepeda Motor Listrik di Bagian Bawah)


  • Cara menambah gas, biasakan tidak secara drastis atau ugal-ugalan karena selain membahayakan pengguna jalan lainnya juga akan sangat memboroskan energi. Mari bandingkan konsumsi energi ketika kita menyetir dengan bijak & tidak, lalu kalkulasilah selisihnya. Ayo kita menjadi pengemudi yang efisien dan lebih berpengalaman. 

  • Cara merem, juga sebaiknya tidak secara mendadak atau kasar. Selain membuat umur rem menjadi pendek, sekaligus juga memperpendek umur ban. Berarti kita melakukan lebih dari satu pemborosan. 

  • Saat di lampu setopan, jika lampu dilengkapi petunjuk waktu dan masih lama, matikanlah mesin (benefit kendaraan listrik pemakaian energi nihil dan otomatis mati jika tanpa AC, radio, aksesoris lain). Dengan demikian kita telah bijaksana mengoptimalkan fasilitas tersebut demi keuntungan kita sendiri. Lihat sekeliling kita & hitung berapa banyak energi yang dibuang sia-sia oleh seluruh kendaraan yang sedang menunggu bersama kita saat itu. 

  • Tekanan angin dibiasakan selalu dicek. Kondisi ban kurang angin selain membuat kendaraan sangat boros, juga merubah/ merusak struktur serat baja pada ban atau memperpendek umur ban. Silahkan diamati dan dipelajari. 

  • Gundul atau tidak ban juga berpengaruh. Jika gundul maka daya cengkram ban berkurang, sehingga akan membuang energi dorong kendaraan.

  • Barang yang berada di kendaraan selalu dicek apakah memang betul harus ada di dalam kendaraan atau bisa diturunkan dulu? Karena berat daya angkut jelas berpengaruh terhadap energi yang dikeluarkan.

  • Tidak multitasking atau melakukan berbagai hal bersama-sama, seperti melakukan panggilan telp atau lainnya. Konsentrasilah pada satu hal tentu lebih bagus dibanding harus berkonsentrasi pada lebih dari satu hal. Kecelakaan berawal karena kita terlampau pandang sepele hal yang seharusnya mendapat perhatian kita. Juga kadang kita lupa, nyawa orang lain sebetulnya lebih penting daripada telp & lainnya.


Khusus Sepeda Motor Listrik


  • Jangan lupa mengganti oli di gear roda belakang untuk jenis yang menggunakannya.

  • Untuk jenis yang menggunakan accu, pasang timer 1 jam pada charger. Sehingga charger mengisi 1 jam & istirahat 1 jam. Ini untuk menghindari musuh utama accu, yaitu suhu panas saat pengisian.
  • Supaya accu juga awet, hindari beban yg melebihi kemampuan daya dorong seperti tercantum pada spek produk, jangan akselerasi mendadak & jangan biarkan accu kosong terlalu lama.
  • Untuk membersihkan kotoran pada accu basah dapat menggunakan larutan bubuk EDTA atau bisa juga air garam.

Perlu teman ngobrol tentang ini? Silahkan gabung klik menu "Komunitas" di bagian atas halaman. Pilih bentuk yang paling cocok & jangan sungkan bertanya.

Kontributor: Admin, Junardi, Yoyok_al, Brillian


Anda pun dapat berkontribusi sempurnakan atau kirim "paduan & diy" seperti ini. Caranya di sini, dapat disimak point ke 4 dari bagian "umum".
Share this article :

0 comments :

Post a Comment



English French German Spain Italian Dutch




 
-->